Penting! Ini 5 Alasan Kenapa Barang Persediaan Perlu Diberi Kode

Alasan Kenapa Barang Persediaan Perlu Diberi Kode

Kegiatan perdagangan tidak terlepas dari pergudangan, termasuk juga dalam perdagangan online. Stok barang yang ada di warehousing and fulfillment memudahkan Anda saat ada konsumen yang membeli barang tersebut. Ketika ada pesanan barang dari konsumen, barang yang ada di gudang bisa langsung diambil, dikemas dan kemudian dikirim ke alamat penerima.

Penyimpanan barang di gudang tidak bisa dilakukan sembarangan. Barang yang disimpan di dalam gudang perlu diberi kode agar memudahkan Anda dalam mengenali barang tersebut. Sekalipun Anda hanya menjual satu jenis barang dengan satu varian saja, Anda tetap perlu memberinya kode.

Kenapa Barang Persediaan Perlu Diberi Kode?

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa pemberian kode barang ini penting? Berikut ini ada 5 alasan kenapa barang persediaan perlu diberi kode:

1.     Agar tidak melupakan unsur penting

Yang pertama, agar Anda tidak melupakan unsur penting dari barang tersebut. Biasanya, kode barang terdiri dari beberapa informasi yang dijadikan satu, misalnya nama barang, varian, hingga harga beli barang tersebut. Dengan memberi kode yang pasti, Anda tidak lagi melupakan unsur-unsur penting yang memang sudah seharusnya Anda ingat.

Kode yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya barang Anda terdiri dari banyak sekali varian warna, berarti Anda bisa memasukkan unsur tersebut ke dalam kode. Jika barang Anda mudah sekali busuk, berarti Anda bisa menambahkan kode produksi saat pengkodean barang.

2.     Lebih ringkas dan sistematis

Alasan yang kedua, pemberian kode barang akan membuat pekerjaan lebih ringkas dan sistematis, terutama saat pembuatan inventaris barang. Kegiatan manajemen inventaris saat warehousing and fulfillment bisa dilakukan dengan lebih efisien. Dengan adanya kode, semua karyawan Anda bisa tahu barang yang dimaksud  tanpa harus menuliskannya panjang lebar.

3.     Lebih mudah dalam penyimpanan

Alasan yang ketiga adalah penyimpanan akan jauh lebih mudah. Anda tidak perlu bingung lagi saat penyimpanan karena Anda bisa menyimpan barang sesuai dengan kode barang tersebut. Urutannya pun bisa disesuaikan agar lebih mudah saat pencarian barang.

4.     Penyusunan laporan lebih mudah

Alasan yang keempat, penyusunan laporan lebih mudah. Anda tidak perlu menuliskan nama produk dengan panjang lebar sehingga hasil laporan lebih rapi, enak dilihat, dan mudah dibaca.

5.     Memudahkan kegiatan evaluasi

Alasan yang kelima, pemberian kode pada barang akan memudahkan kegiatan evaluasi. Laporan yang tersusun dengan rapi dan mudah dibaca akan memudahkan kegiatan evaluasi.

Anda bisa mengetahui dengan pasti kode barang yang paling laku terjual dan yang tidak. Kemudian, Anda juga bisa memutuskan dengan cepat kode barang yang perlu pengadaan kembali. Pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Demikian 5 alasan kenapa barang persediaan perlu diberi kode. Selain memudahkan kegiatan warehousing and fulfillment, pengkodean barang juga lebih memudahkan Anda dalam membaca laporan, meningkatkan efisiensi kinerja, memudahkan kegiatan evaluasi, dan pengambilan kebijakan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Jadi, jangan lagi sepelekan masalah pengkodean barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *