Mengenal Tummy Time dan Cara Melakukannya

Mengenal Tummy Time dan Cara Melakukannya

Anda pernah mendengar istilah tummy time? Ini adalah kegiatan untuk bayi yang dapat dimanfaatkan orangtua untuk melatih perkembangan bayi. Yaitu dengan cara meletakkan bayi di posisi tengkurap di atas tempat tidur agar si kecil dapat bermain.

Aktivitas ini dapat dilakukan setelah usia si kecil beberapa hari atau setelah satu bulan dan harus dalam pengawasan penuh. Dengan melakukan hal ini, bayi dapat melatih keseimbangan tubuh dan kemampuan motoriknya. Jadi, sebaiknya lakukan berkala setiap hari, minimal 3-5 kali dengan waktu 2-5 menit saja.

Tips Saat Melakukan Tummy Time

Bagi orangtua penting untuk membantu si kecil meningkatkan kemampuan motorik sejak dini. Namun, melakukannya harus dengan cara yang tepat agar aman bagi si kecil dan membuatnya tetap nyaman. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1.     Pilih Waktu yang Tepat

Melakukan aktivitas latihan ini merupakan kegiatan yang cukup berat untuk si kecil sehingga Anda harus mempertimbangkan pemilihan waktunya. Pastikan saat melakukannya si kecil tidak sedang mengantuk apalagi dalam keadaan tidur.

Perut si kecil juga tidak boleh dalam kondisi penuh, tapi juga tidak dalam kondisi lapar. Hindari melakukan kegiatan ini setelah anak makan atau menyusu. Lakukan setidaknya setelah 1 jam sehingga tidak membuat si kecil muntah.

2.     Ajak Si Kecil Bermain

Saat melakukan tummy time, si kecil cenderung tak nyaman sehingga ingin segera berpindah posisi. Si kecil akan menangis atau mencoba berguling untuk membuat dirinya merasa nyaman.

Namun, Anda harus menahannya setidaknya selama 2-5 menit dengan cara mengajaknya bermain atau menyanyikan lagu untuk si kecil. Hal ini akan membuat perhatiannya teralihkan sehingga tidak menangis atau berguling.

3.     Posisikan Agar Nyaman

Melakukan aktivitas ini tidak harus selalu di atas tempat tidur, Anda dapat mengganti posisi maupun tempat agar si kecil merasa nyaman. Misalnya dengan memposisikan si kecil di atas perut sambil terus mengajaknya berinteraksi. Pilihan lain menggunakan kursi santai atau di atas karpet lantai.

Tambahkan bantal kecil atau handuk untuk menopang bawah ketiak dan dada sehingga mengurangi ketidaknyamanan si kecil. Jika si kecil sudah berusia di atas 4 bulan, bisa gunakan trik bermain pesawat terbang.

4.     Gunakan Mainan

Anda juga dapat memanfaatkan mainan kesukaan si kecil sebagai pengalih perhatiannya. Misalnya playmate dengan banyak gambar menarik, rattle, atau kerincingan yang disukai si kecil. Mainan-mainan seperti ini dapat membuat si kecil merasa senang sehingga mengabaikan ketidaknyamannya.

Melakukan tummy time baiknya setiap hari bisa 3-5 kali sehari, waktunya maksimal 5 menit sekali aktivitas. Dengan demikian si kecil akan terbiasa dan tidak terlalu merasa tidak nyaman. Ingin mengetahui berbagai artikel parenting lainnya, Anda bisa berkunjung ke laman orami.co.id.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.