Jenis dan Fungsi Hormon saat Siklus Menstruasi

Jenis dan Fungsi Hormon saat Siklus Menstruasi

Dilihat secara fisik, tubuh wanita tentu saja sangat berbeda dengan tubuh laki-laki. Hal tersebut juga menandakan jika cara kerja dari hormon di tubuh wanita juga tidak sama dengan hormon yang ada di tubuh laki-laki. Salah satu hormon yang sangat khusus hanya ada di dalam tubuh wanita adalah wanita memiliki hormon saat menstruasi, sedangkan laki-laki tidak punya.

Pada saat siklus menstruasi, terdapat beberapa hormon yang memiliki peran untuk mengendalikan fase menstruasi tersebut. Setiap hormon kewanitaan tersebut memiliki fungsi dan peran pentingnya masing-masing untuk membuat fase menstruasi berjalan lancar. Berikut ini adalah fungsi dari hormon kewanitaan saat fase menstruasi tiba.

Jenis dan Fungsi Hormon Saat Siklus Menstruasi

  1. Gonadotropin-releasing Hormone (GnRH)

Jenis hormon pertama yang memiliki peran dalam siklus menstruasi wanita adalah hormon Gonadotropin-releasing Hormone atau GnRH. Hormon GnRH ini dibuat di bagian otak besar Anda, tepatnya di bagian hipotalamus. Hormon Gonadotropin-releasing ini memiliki fungsi untuk merangsang tubuh wanita untuk memproduksi dan kemudian melepaskan hormon LH dan juga FSH.

  1. Follicle Stimulating Hormone (FSH)

Hormon berikutnya yang ada di dalam siklus menstruasi wanita adalah hormon Follicle Stimulating Hormone atau biasa disebut FSH. Hormon FSH ini diproduksi di dalam otak Anda tepatnya di bagian kelenjar hipofisis.

Hormon FSH ini memiliki fungsi untuk mematangkan sel telur yang ada di dalam kantong telur atau ovarium untuk kemudian dikeluarkan ke bagian rahim wanita.

  1. Luteinizing hormone (LH)

Hormon Luteinizing Hormone atau LH juga memiliki peranan penting dalam proses siklus menstruasi pada wanita. Hormon LH ini memiliki tugas untuk membantu tubuh Anda dalam mengatur berjalannya siklus menstruasi dan juga proses ovulasi.

Berdasarkan hal tersebut, hormon LH ini juga memiliki peran penting pada saat pubertas. Hormon LH ini adalah hormon yang dibuat atau diproduksi pada otak Anda tepatnya di bagian kelenjar hipofisis.

  1. Estrogen

Hormon estrogen sebagian besar diproduksi di indung telur atau ovarium. Namun, hormon ini diproduksi juga di kelenjar plasenta dan adrenal, tetapi dalam jumlah yang kecil saja. Hormon estrogen ini memiliki peran membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh saat masa pubertas, termasuk dalam perkembangan organ seksual dan berjalannya ovulasi saat siklus menstruasi.

  1. Progesteron

Hormon terakhir yang berperan pada saat menstruasi wanita adalah hormon progesteron. Hormon ini berfungsi dalam menyiapkan lapisan rahim bernama endometrium untuk dapat menerima datangnya sel telur yang sebelumnya sudah dibuahi oleh sel sperma.

Semua hormon saat menstruasi di atas memiliki peran penting dalam setiap fase siklus menstruasi. Apabila ada satu saja yang kurang maksimal, tentunya dapat mengganggu berjalannya siklus menstruasi. Untuk memastikan siklus menstruasi Anda berjalan lancar, Anda dapat mencari tahu lebih banyak tentang menstruasi di charmgirlstalk.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *