Catat! 6 Mineral dan Vitamin untuk Orang Tua yang Paling Dibutuhkan

Catat! 6 Mineral dan Vitamin untuk Orang Tua yang Paling Dibutuhkan

Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang dapat menunjang kinerja tubuh. Vitamin juga menjadi zat yang diperlukan oleh tubuh, karena tubuh manusia bisa saja masih kurang dalam hal memproduksi vitamin. Lantas bagaimana dengan vitamin untuk orang tua?

Menurut pakar kesehatan, tak semua lansia membutuhkan asupan vitamin tambahan yang dihasilkan dari suplemen. Pasalnya, nutrisi tersebut bisa didapatkan hanya dengan memperbaiki pola makan. Penelitian menunjukkan vitamin dan mineral seperti vitamin B6, B12, D, zat besi, asam folat, dan kalsium diperlukan oleh orang tua. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan dalam membantu mempertahankan memori pada orang tua terlebih lansia. Sehingga dengan asupan vitamin B6 yang cukup, dapat membantu orang tua agar tak cepat pikun. Makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperoleh manfaat dari vitamin B6 adalah tuna, salmon, sarden, hati, dan makarel.

  1. Vitamin B12

Selain B6, vitamin B12 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan fungsi saraf serta mendukung produksi sel darah merah. Makanan kaya akan kandungan vitamin B12 yang baik dikonsumsi antara lain daging merah, ikan, daging unggas, telur, susu, hingga produk olahan susu seperti yoghurt atau keju.

  1. Vitamin D

Vitamin untuk orang tua yang sangat diperlukan selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin D diperlukan tubuh untuk menjaga kepadatan tulang serta mempertahankan daya tahan tubuh. Selain berjemur untuk mendapatkan vitamin D, lansia dapat mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti yoghurt dan susu.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan komponen yang berperan sebagai pembentuk hemoglobin, membantu menjaga daya tahan tubuh serta mempertahankan fungsi hormon. Makanan kaya akan kandungan zat besi yang bisa dikonsumsi adalah sayuran, daging merah, kacang-kacangan hingga produk gandum yang telah difortifikasi.

  1. Asam Folat

Asam folat diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi saraf, membentuk sel darah merah, serta berperan dalam metabolisme. Tak hanya itu, asam folat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan jantung. Makanan kaya asam folat diantaranya telur, unggas, daging, kacang-kacangan, buah-buahan, produk susu, produk laut, asparagus, hati, hingga bayam.

  1. Kalsium

Agar tulang tetap sehat di usia senja, tubuh memerlukan asupan kalsium yang tercukupi dengan baik dan tak berlebihan. Kalsium diperlukan tubuh untuk menghindari risiko patah tulang dan tulang rapuh. Makanan kaya akan kalsium seperti produk olahan susu contohnya yoghurt atau keju baik untuk dikonsumsi lansia.

Dampak Kekurangan Vitamin Pada Orang Tua

Kekurangan vitamin dapat berdampak pada menurunnya kualitas hidup orang tua lanjut usia. Misalnya kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang mudah patah dan rapuh hingga memperparah osteoporosis, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko gangguan otak, dan lain-lain.

Demikianlah mineral dan vitamin untuk orang tua yang sangat diperlukan. Perbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi kaya akan vitamin dan mineral, sehingga kebutuhan vitamin serta mineral dapat tercukupi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *