Bentuk-bentuk dan Jenis Kehamilan

Bentuk-bentuk dan Jenis Kehamilan

Memahami jenis dan bentuk bentuk kehamilan sangatlah penting sebagai salah satu upaya memberikan edukasi dini mengenai masa konsepsi pada kehamilan lebih akurat dan terpercaya sehingga bunda lebih siap nantinya dalam mempersiapkan kehamilan sampai dengan melahirkan tiba.

  1. Hamil Resiko Tinggi

Yang pertama adalah hamil dengan resiko tinggi, apa maksudnya. Ya kehamilan dengan resiko tinggi ini merupakan sebuah kehamilan yang terjadi secara umum akan tetapi memiliki resiko tinggi baik itu selama proses mengandung sampai dengan melahirkan.

Jadi kehamilan dengan type ini memang harus dipantau ketat oleh dokter kandungan. Banyak sekali penyebab kenapa sebuah kehamilan dikatakan bersiko tinggi antara lain bisa karena kondisi kesehatan bunda yang selama hamil menjadi berubah derastis, menjadi lemah, susah makan sehingga di khawatirkan mempengaruhi perkembangan janin.

Kemudian dari sisi lain bisa juga karena disebabkan oleh kondisi bayi di dalam kandungan seperti posisinya tidak tepat, kemudian terlilit tali pusat dan lain sebagainya. Maka dari itu USG rutin adalah cara terbaik untuk selalu memantau kesehatan kandungan anda.

  1. Hamil Normal

Ini sudah jelas ya, dimana kehamilan normal adalah kehamilan yang selalu di harapkan oleh semua ibu di Dunia ini. Kehamilan normal sendiri indikasinya standar mulai dari perubahan fisik, kemudian mood sampai dengan kondisi perkembangan bayi yang normal.

  1. Hamil Pseudoceyis

Istilah ini mungkin asing bagi anda, namun pernahkan anda mendengar jika ada yang mengatakan dia hamil tapi setelah cek beberapa bulan janin tidak terisi hanya ada kantongnya saja. Ya, ini adalah jenis kehamilan kosong atau palsu.

Dan banyak sekali wanita yang mengalami kehamilan jenis ini. Penangananya adalah dengan cara di kuret.

  1. Hamil tidak dikehendaki

Ini biasa dikenal dengan istilah kebobolan. Ya, kehamilan ini diluar rencana, bisa jadi bunda lupa KB, kemudian tiba tiba keluar di dalam dan terjadi kehamilan yang sama sekali bunda tidak rencanakan sebelumnya.

Kasus diatas yang terjadi secara sah, namun kehamilan tidak dikhendaki ini sendiri juga sangat sering terjadi di luar hubungan suami istri seperti pacaran dan pergaulan bebas, kemudian korban pemerkosaan dan rata rata dalam kasus ini kehadiran bayi tidak di inginkan dan sudah pasti melanggar hukum agama, hukum negara, dan hukum lainnya.

  1. Kehamilan Ganda

Kehamilan ganda nama lainya adalah hamil anak kembar. Ya, di dalam satu janin akan ada dua cabang bayi yang siap lahir. Dimana ini terjadi kebanyakan karena gen, kemudian di beberapa negara maju juga ada dengan cara rekayana genetika.

  1. Hamil Bedrest

Ini adalah kondisi kehamilan yang langka memang, dimana ketika wanita sedang hamil maka dia di wajibkan hanya berada di ranjang saja. Tidak boleh pergi dari tempat tidurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *