5 Tips Mengajarkan Anak Bersepeda Pertama Kali

5 Tips Mengajarkan Anak Bersepeda Pertama Kali

Rata-rata anak menyukai sepeda sejak kecil, biasanya mereka memakai training wheels sejak usia 2-3 tahun. Tentu setiap anak memiliki perbedaan dalam perkembangan naik sepeda masing-masing. Hal ini berkaitan dengan perkembangan anak yang didukung pertumbuhan fisik sempurna. Anak-anak mulai belajar sepeda roda dua pada usia 3-8 tahun, baik menggunakan training wheels atau tidak. Manfaat bersepeda bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan mental mereka.

Mengajarkan anak bermain sepeda

Jika anak Anda mulai menunjukkan ketertarikan melihat teman lain belajar atau mengendarai sepeda, maka persiapkan diri Anda untuk mengajari si kecil pertama kali. Pastikan Anda mengetahui 5 tips mengajarkan anak bermain sepeda yaitu :

1.  Memakai helm

Anda harus memastikan keamanan dan keselamatan anak mengendarai sepeda. Pastikan dia memakai helm yang tepat yaitu menutupi bagian tengah dahi. Pilih ukuran helm yang sesuai dengan kepala si kecil, minimal melindungi bagian dahi tidak lebih tinggi satu inci di atas alis anak.

2.  Pilih sepeda yang pas

Ukuran sepeda di pasaran bermacam-macam tergantung dengan ukuran fisik anak. Jangan menjadikan usia sebagai patokan sebab anak memiliki pertumbuhan badan yang berbeda. Untuk anak yang baru akan belajar sepeda, Anda harus memastikan ukuran sepeda memang tepat sesuai badan mereka. Minimal kaki anak harus menjejak tanah dengan baik. Sepeda juga harus dilengkapi dengan dua roda untuk menopang badan agar tidak jatuh saat bersepeda.

3.  Pilih sepeda roda tiga atau sepeda dengan training wheels

Pada anak usia satu tahun ke atas, mengajak mereka bersepeda pagi atau sore hari bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Biarkan anak belajar mengayuh sepeda roda tiga lebih dulu hingga usia 2-3 tahun. Langkah selanjutnya adalah mengenalkan anak pada sepeda yang dilengkapi training wheels seiring pertambahan usia dan keingintahuan mereka.

4.  Belajar naik sepeda pertama kali

Manfaat bersepeda bisa membuat anak berani mencoba hal baru dan pantang menyerah. Ajari mereka untuk menyeimbangkan tubuh, melepas pedal, menurunkan diri dari tempat duduk sepeda, dan sebagainya. Lakukan saja kegiatan secara pelan-pelan sampai anak benar-benar bisa bersepeda.

5.  Latih keseimbangan dengan baik

Jangan terburu-buru ingin anak segera bisa bersepeda, tetapi latih keseimbangan tubuh mereka dengan baik dulu. Jika punya dana yang lebih banyak, sebaiknya pertimbangkan membeli balance bike yang lebih mahal. Anda juga harus memastikan keamanan anak dalam belajar sepeda di rumah. Pilih jalan yang sepi atau minim kendaraan lewat agar anak merasa nyaman dalam berlatih sepeda.

Dari beberapa tips belajar sepeda di atas, maka pastikan Anda menerapkannya dengan baik. Manfaat bersepeda bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan si kecil dari segi fisik dan psikis. Pilih sepeda yang telah terdaftar SNI sehingga menjamin keamanan berkendara tanpa khawatir sepeda mengalami kerusakan pada awal pemakaian. Yuk, ajari anak Anda mengendarai sepeda roda tiga pertamanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *