5 Kandungan ASI yang Sangat Baik untuk Bayi

Saat bayi lahir hingga usia kurang lebih 6 bulan, ASI sangat direkomendasikan sebagai sumber makanan sekaligus sumber nutrisi baginya. Hal ini karena kandungan ASI yang sangat baik dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi di usia tersebut. Bahkan, ibu sebaiknya segera melakukan inisiasi menyusu dini beberapa saat setelah melahirkan untuk memperkenalkan puting pada bayi.

Pemberian ASI bukan tanpa alasan. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa ASI adalah sumber gizi paling baik untuk bayi karena bisa mencegah peradangan dan infeksi, memacu perkembangan organ tubuh, dan meningkatkan imunitas. Hal ini tidak bisa didapatkan dari makanan atau minuman, bahkan oleh susu formula sekalipun. Berikut ini beberapa kandungan dari ASI yang sangat baik.

Kandungan ASI yang Sangat Baik untuk Tubuh Bayi

  1. Protein

Ada dua jenis protein yang terdapat pada ASI, yakni kasein dan whey. Kasein memiliki porsi yang lebih kecil, yakni 40 persen saja, sedangkan whey 60 persen. Protein whey memiliki sifat mudah dicerna sehingga proses penyerapan pada tubuh bayi akan lebih optimal. Selain itu, pada protein whey juga terkandung lisozim yang berfungsi memerangi bakteri jahat pada sistem pencernaan anak.

  1. Kolostrum

Kolostrum merupakan cairan pertama kali yang keluar dari payudara ibu setelah melahirkan. Warna dari cairan ini agak kekuningan. Biasanya kolostrum diproduksi 3 hingga 4 hari pertama pasca persalinan. Karena mengandung laktoferin dan sekretori IgA yang sangat penting untuk imunitas tubuh bayu, banyak sekali ibu yang bersedih karena tidak bisa segera memberikan ASI.

  1. Karbohidrat

Di dalam asi terkandung karbohidrat sederhana berupa laktosa atau susu. Kadar laktosa tersebut adalah yang paling rendah dibandingkan dengan makronutrien yang lain. Akan tetapi, ketika ibu memproduksi ASI yang banyak, maka kadar laktosa tersebut juga ikut meningkat. Karbohidrat sangat penting untuk bayi, khususnya sebagai sumber energi dan menambah berat badan.

  1. Lemak

Kandungan ASI yang berikutnya adalah lemak. Yang terkandung di dalam ASI adalah asam lemak tak jenuh yang setara dengan khasiat dari omega 3 dan omega 6. Khasiat dari omega 3 adalah baik bagi perkembangan otak anak. Kandungan ini biasanya didapatkan dari ikan salmon, buah, dan kacang-kacangan. Namun, karena bayi belum bisa mengonsumsi makanan tersebut, lewat ASI manfaat omega 3 bisa didapatkan.

  1. Nutrisi yang baik untuk pertumbuhan

Terakhir, ASI mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Setidaknya ada hingga 5 macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D. Selain itu, ada juga mineral seperti sodium dan magnesium.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung dalam ASI. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa memberikan ASI untuk bayi sangatlah penting dan tidak tergantikan oleh sumber nutrisi apapun. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas ASI dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *