4 Poin Penting Dalam Surat Pengangkatan Karyawan

4 Poin Penting Dalam Surat Pengangkatan Karyawan

Bagi karyawan, bisa diangkat bekerja menjadi pegawai tetap merupakan salah satu hal yang sangat dinantikan. Biasanya untuk menjadi seorang karyawan tetap, seorang karyawan baru harus melewati masa percobaan dulu selama beberapa waktu. Dimana hal tersebut akan membuat pimpinan mempertimbangkan kinerja karyawan dan kecocokan karyawan atas posisi yang ditawarkan tersebut.

Hal yang disukai karyawan ketika sudah diangkat menjadi pegawai tetap adalah kemudahan karyawan untuk mendapatkan full salary. Tentu saja poin tersebut dinantikan oleh karyawan atas posisi yang diberikan kepadanya tersebut. Terlebih ketika diangkat menjadi karyawan tetap, maka mereka akan memiliki beragam benefit tambahan yang ditawarkan perusahaan atas kinerjanya tersebut.

Nah, tetapi sebelum karyawan mendapatkan posisi tetap, biasanya mereka akan menandatangani surat pengangkatan karyawan. Surat ini berisikan berbagai hak dan kewajiban karyawan selama menjadi bagian tetap perusahaan tersebut. Dalam surat ini juga menjelaskan berapa salary yang akan didapatkan oleh karyawan tersebut selama bekerja dibawah naungan perusahaan. Kontrak untuk menjadi bagian tetap perusahaan biasanya memiliki periode tertentu dan akan diperbarui secara berkala.

Bagi kalian yang penasaran akan surat pengangkatan karyawan, apa saja isi surat pengangkatan karyawan yang ditawarkan pihak perusahaan kepada individu untuk menjadi bagian mereka? Simak jawabannya berikut

  1. Identitas individu yang ditawarkan posisi meliputi nama dan alamat
  2. Tanggal individu mulai di pekerjaan sebagai karyawan tetap
  3. Jenis pekerjaan individu yang dipekerjakan tersebut
  4. Jumlah salary per bulan yang diberikan berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan

Beberapa poin diatas wajib dicantumkan dalam surat pengangkatan karyawan. Dimana hal tersebut telah diatur dalam Pasal 63 ayat 2 tentang ketenagakerjaan. Nah, untuk referensi suratnya sendiri tercantum dalam Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu atau PKWTT. Disana sudah tercantum bagaimana membuat surat pengangkatan karyawan yang legal secara hukum dan dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Pembuatan surat pengangkatan karyawan sendiri memiliki beberapa persyaratan terjadinya hal ini. Dimana dalam pembuatan surat pengangkatan karyawan ini, karyawan sudah memiliki umur legal dan disetujui oleh kedua belah pihak. Bahkan surat pengangkatan karyawan wajib mencantumkan jenis pekerjaan yang dilakukan dan pekerjaan tersebut legal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *